48 jam online nonstop menguji StarOne EVDO Indosat Balikpapan

Walaupun akhirnya StarOne EVDO (Evolution Data Only/Optimized) Indosat Balikpapan sejak 21-23 Nopember 2006 berhasil menorehkan rekor MURI atas keandalan koneksi wireless mobile broadband EVDO selama 48 jam tanpa henti dan tanpa terputus, mengikuti secara intens uji coba oleh independent tester dari tim 3MG (Tri Multi Guna) cukup membuat “sport jantung”, karena uji coba dilakukan bukan tertutup untuk kalangan internal saja, melainkan disaksikan di hadapan publik dan dipantau oleh tim Musium Rekor Indonesia (MURI).


Dimulainya uji keandalan

Internet merupakan interkoneksi jaringan yang diselenggarakan oleh berbagai operator/provider. Oleh karena itu uji coba dilakukan dalam konteks keandalan lingkungan jaringan yang masih dalam rentang kendali StarOne EVDO Indosat sendiri. Namun hubungan antara server dan client site yang terletak di Hotel Sagita, Balikpapan seluruhnya murni dilakukan dengan skema seperti halnya pelanggan melakukan koneksi Internet nirkabel dengan EVDO.


Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat keandalan (reliability) koneksi dan ketangguhan (durability) alat di sisi pelanggan dengan menggunakan tiga buah kartu PCMCIA wireless CDMA 2000 merk ZTE My 39 pada tiga buah laptop yang online secara serentak di lokasi uji coba.

Cara yang digunakan adalah : satu komputer laptop diperuntukkan khusus mengambil live video streaming dari server video jaringan Indosat. Satu laptop lain digunakan untuk melakukan upload/download file melalui protokol FTP (File Transfer Protocol) juga dari FTP server jaringan Indosat, dan satu komputer laptop terakhir hanya untuk keperluan ping RTT (Round Trip Time) test dengan mengirim data terus menerus selama 2 hari sebesar 32 bytes per paket.

Dari sisi teknis jaringan komputer, ujicoba ini tergolong lengkap yaitu : media transmisi nirkabel pada layer fisik (physical layer), ping RTT pada layer network (network layer), video streaming dan download files pada leyer aplikasi (application layer). Total keseluruhan selama 48 jam tanpa henti, tercatat besar data yang lalu lalang melalui jaringan nirkabel EVDO ini adalah sebesar 25 Gigabytes dengan transfer rate rata-rata sebesar 300 kilobytes/detik (2,4 megabit/detik).

Ke depan, buah sukses uji coba ini merupakan tantangan bagi layanan StarOne EVDO Indosat untuk mempertahankan kualitas koneksi yang dapat diandalkan oleh pelanggan tentunya. (Balikpapan, 23 Nopember 2006. Teks dan foto-foto : Lendy Widayana)

Artikel : layanan StarOne EVDO Indosat Balikpapan Agustus 2006



GALERI


Herry Moelyanto,
Head of Indosat Kalimantan Region



Dewi Moerdianto, Marcomm Indosat Balikpapan memeriksa kualitas koneksi
pada detik-
detik pencapaian rekor MURI.



Ocke Rubino dari MURI menyerahkan plakat pemecahan rekor
kepada pihak Indosat

 



Philip Habinsaran, Manager Marcomm Indosat
Balikpapan (kiri) bersama Doddy, GM Hotel
Sagita Balikpapan menyaksikan pengesahan rekor
MURI.

 

 



Dari kiri : Doddy (GM Hotel Sagita), Tirto (3MG), Joegiyanto (3MG), Ocke Rubino (MURI),
Staf Hotel Sagita, Boas (3MG), Besar Kasianto (3MG), Adi Priyo Sembodo (3MG)

 

 


About this entry