Layanan EV-DO di Balikpapan

EV-DO (evolution data only/data optimized)
Akses Internet kecepatan tinggi tanpa perlu repot mencari hot spot.

EV-DO adalah layanan operator telekomunikasi untuk akses Internet kecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna mengakses Internet dengan kisaran kecepatan 400 hingga 700 kbps. Bangdingkan dengan kecepatan akses Internet melalui dial-up yang berkisar di bilangan 20 sampai 70 kbps.

Pada saatnya nanti, EV-DO memungkinkan pengguna mengakses Internet dengan kecepatan setara dengan DSL (Digital Subscriber Line) di mana saja sama seperti jika kita menggunakan telepon selular. Ada sinyal selular, ada akses. Cukup dengan bermodalkan kartu PCMCIA EV-DO dengan harga 2 sampai 3 juta rupiah yang disisipkan dalam notebook/laptop, maka pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencari wifi hot spot yang biasanya minimal perlu radius 300 feet untuk memperoleh akses Internet cepat.

Secara aplikasi, jaringan EVDO juga memungkinkan pengguna mengakses Internet dengan fasilitas VPN (Virtual Private Network) yang memungkinkan pengguna membangun jaringan private secara lebih aman (secure) dengan korporat/kantornya, namun tetap “mengendarai” Internet sebagai jalur akses.

Dengan jaringan akses pita lebar (broadband) yang dimiliki EV-DO, aplikasi Internet tidak terbatas pada teks, sesuai dengan tren saat ini aplikasi multimedia di Internet pun dapat digunakan secara mulus. Sehingga download file besar, foto, video dan sejenisnya dalam urusan bisnis dan pribadi anda akan semakin lancar.

Kehadiran EV-DO di Balikpapan.

Tanggal 23 dan 24 Agustus 2006, penulis berkesempatan mencoba layanan baru dari Indosat StarOne EV-DO (Evolution Data Optimized/Only) yang diluncurkan pertama kali oleh Indosat di Indonesia baru di kota Balikpapan tanggal 24 Agustus 2006. Mengapa di Balikpapan ? Menurut pihak Indosat dibanding dengan kota-kota lain termasuk di Pulau Jawa, infrastruktur di kota ini yang telah siap.

di BTS Gunung Rambutan

Saat uji coba pertama sebagai pengguna, penulis menelusuri dari lokasi BTS Indosat di Gunung Rambutan, sebuah tempat yang cukup tinggi di tengah kota Balikpapan. Hasilnya tentu saja sangat baik karena dekat dengan BTS.

Mobile di Balikpapan

Perjalanan dengan mobil selanjutnya menuju ke bandara Sepinggan melewati jalan poros Balikpapan. Sepanjang perjalanan koneksi tidak pernah putus, hanya saja RTT (round trip time) ping test ke http://www.yahoo.com dapat mencapai 800 ms khususnya di daerah pertigaan Markoni. Nampaknya memang cell di daerah ini perlu ditingkatkan.

At Sepinggan airport

Menelusuri Jalan Jendral Sudirman hingga bandara Sepinggan sinyal serta kinerja akses sama sekali tidak menjadi masalah. Penulis dapat terus menikmati TV on demand sebuah stasiun TV di Hong Kong dengan mulus. RTT ping time ke http://www.yahoo.com hanya sekitar 100 ms dan througput saat download Microsoft .Net framework dari situs http://www.microsoft.com dapat mencapai rata-rata 35 kilobytes/detik.

Download

RTT test

Tanggal 24 Agustus 2006, setelah acara launching StarOne EV-DO yang dilakukan oleh Bapak Herry Moelyanto selaku Head of Kalimantan Region, sebanyak kurang lebih tigapuluh pengguna diajak melakukan uji coba dengan bus menelusuri kota Balikpapan. Uji coba ini perlu dilakukan untuk mengetahui kinerja layanan EV-DO bila diakses secara serentak juga dalam keadaan mobile. Hasilnya sangat memuaskan.

Bagaimanapun juga layanan Internet akses pita lebar EV-DO yang terbilang masih gres di Indonesia ini masih memerlukan edukasi bagi para pengguna Internet. Banyak masyarakat yang masih belum dapat membedakan berbagai jenis layanan Internet yang ditawarkan oleh provider. Padahal, dengan semakin besar dan cepatnya akses Internet yang didapat, makin banyak aplikasi multimedia yang dapat diakses untuk kepentingan bisnis, pendidikan, hiburan dan lain-lain.

Teks : Lendy Widayana
Foto : Lendy Widayana & Ganton


About this entry